Ad 468 X 60


Bahasa Indonesia Bahasa Ku


Sebelum ke inti saya ingin terlebih dahulu membahas tentang asal muasal bahasa Indonesia, mungkin banyak orang yang masih tidak tahu asal muasal bahasa Indonesia.
Berikut asal muasal bahasa Indonesia :

Asal muasal bahasa Indonesia..

Dahulu pada Tanggal 28 Oktober 1928 adalah tanggal bersejarah bagi bahasa Indonesia yang saat itu diresmikan menjadi bahasa negara dan menjadi bahasa persatuan dari sekian ratus bahasa daerah di Indonesia.

Seperti apakah bahasa Indonesia itu ?
Orang-orang di Indonesia mengenalnya sebagai bahasa Melayu yang di campur bahasa serapan dari bermacam-macam daerah dan bahasa Asing.
Tau gak asal usul bahasa Melayu dari mana ?
bahasa Melayu dan ratusan bahasa daerah lainnya itu sebenarnya berasal dari bahasa Austronesia yang muncul sekitar 6.000-10.000 tahun lalu.
kebayang gak ?

Penyebar penutur bahasa Austronesia tersebar luas di dunia. Wilayahnya meliputi Madagaskar di barat hingga Pulau Paskah di ujung timur, dari Taiwan-Mikronesia di utara hingga Selandia Baru di selatan.
kebayang kan luasnya ?

Sekarang bahasa Indonesia adalah bahasa yang resmi di negara Indonesia.



Bahasa Indonesia

Pada tahun 1945, saat kemerdekaan Indonesia. Bahasa Indonesia di resmikan sebagai bahasa yang pokok di Indonesia.
Bahasa Indonesia adalah bahasa yang Dinamis, karena dari dahulu sampai sekarang terus menghasilkan kata-kata yang baru.
Baik itu dari penciptaan, penyerapan.

Dari segi sejarah bahasa Indonesia merupakan salah satu temporal dari bahasa Melayu yang struktur bahasanya masih mirip.
Tata bahasa Indonesia cukup mudah. Dapat dipelajari dalam waktu yang singkat.
Bahasa Indonesia adalah bahasa yang digunakan sebagai penghantar pendidikan di sarana-sarana pendidikan di Indonesia.


Peranan bahasa Indonesia di media Internet

Peranan bahasa Indonesia di media internet mungkin di tidak seberapa penting di dunia. Tapi jika itu di Indonesia, peranan bahasa Indonesia sangat lah penting, karena kita juga yang memakai fasilitas-fasilitas di Internet.

Coba bayangkan, apa jadinya jika media Internet di Indonesia berbahasa Asing..
Apakah kita bisa mengerti bahasa itu ?

Mungkin bagi orang-orang yang sudah berpengalaman hal ini merupakan hal yang biasa saja.
Tapi jika yang memakai fasilitas di Internet adalah orang awam bagaimana ?
Pastilah sangat merugikan...

Selain itu, kita lihat di media http://google.com misalnya, jika kita ingin mencari artikel tentang Indonesia, sedangkan para penulis artikel Indonesia ini tidak menulis dengan bahasa Indonesia yang benar. Artikel tersebut tidak akan muncul di kotak pencarian.


Maka dari itu, mari kita gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Kenapa ?

Kita tinggal di Indonesia.
Bahasa kita Indonesia
Lahir di Indonesia
Matipun di Indonesia

maka dari itu kita harus berbangga menjadi anak Indonesia.
Tetaplah berteguh pada "BAHASA INDONESIA BAHASA KU".


11 comments:

  1. tulisan yang bagus, terima kasih informasinya...

    ReplyDelete
  2. artikel nya bagus...:) cintailah bahasa indonesia

    ReplyDelete
  3. artikelnya berkualitas mnurutku keep share mg mnang ya........

    salam nal....

    ReplyDelete
  4. weh2...ada apa ini...
    bahasa kita gak jadi bahasa international...tapi setidaknya kita mempunyai bahasa sebdiri...yg sungguh membanggakan..

    ReplyDelete
  5. ngga sampai segitunya deh. banyak yang masih ngomong loe gue ama lah loh lah loh.

    mari kita gunakan bahasa gaul aja. hahahaha

    ReplyDelete
  6. Lebih dari sekadar kata-kata, Bahasa Indonesia adalah pemersatu si hitam dan si coklat, si mancung dan si pesek, si tinggi dan si pendek, si anu dan si anu...Bahasa Indonesia membuat perbedaan menjadi ciut oleh semangat kebangsaan, rasa bersatu dalam lebens rium (ruang hidup) bangsa yang besar!

    ReplyDelete
  7. wah saya senang sekali bisa menemukan artikel ini. sebenernya bahasa indonesia itu keren banget lho. sempet pernah ada wacana di kongres bahasa se dunia mau jadiin bahasa kita jadi bahasa dunia. weleh... wallohua'lam

    ReplyDelete
  8. wow... yang benar ???
    kalo begitu asyik donk

    ReplyDelete